Masih Sering Sakit Dengan Pola Hidup Sudah Sehat? Cari tau Penyebabnya


Kita rasanya sudah melaksanakan segala macam upaya untuk sanggup hidup sehat. Kebutuhan akan gizi sudah diprogram dengan baik dan teratur. Berolahraga secara rutin minimal seminggu tiga kali, tidur sudah cukup dan berpiknik setiap satu bulan sekali untuk menjaga kesehatan mental. Seharusnya dengan cara demikian, tubuh badan terasa sehat dan juga bugar ya. Namun kenyataannya tidak seindah yang dibayangkan. Setiap ekspresi dominan hujan, kitalah yang pertama kali terjangkit sakit flu.

Hampir setiap hari pun, kita mencicipi lelah dan cepat mengantuk. Lalu apa yang salah dari semua ini? Pertanyaan ‘apa yang salah’ merupakan suatu pertanyaan yang tepat. Sebab kalau kita telah sedemikian tertip dalam berpola hidup namun masih saja gampang sakit, barangkali ada salah satu kebiasaan yang kita anggap sehat ataupun tidak berbahaya namun ternyata itu salah

1. Ketergantungan Terhadap Suplemen

Semua orang sudah tahu bahwa kekurangan gizi itu akan mengakibatkan seseorang gampang terjangkit penyakit. Akan tetapi, lantaran malas menyiapkan masakan sehat, maka kita malah jadi mengandalkan asupan suplemen. Dimulai dari suplemen untuk menguatkan imun tubuh, vitamin tertentu, minyak ikan hingga suplemen bagi kulit. Kita beranggapan, masakan yang utuh itu sanggup diganti begitu saja oleh gugusan botol-botol suplemen.

Sesuai dengan namanya, suplemen merupakan vitamin ataupun mineral yang bersifat tambahan, yang dikonsumsi kalau jumlah zat gizi tertentu tidak sanggup terpenuhi dari masakan utuh sehari-hari.  ‘’Yang terbaik yaitu tetap memperolah zat gizi dari masakan yang kita konsumsi,’’ tegas Dr. Andrew Weil, pakar kesehatan holistik pnediri Arizona Center for Integrative Medicine. Sebaiknya anda berkonsultansi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen alasannya yaitu belum tentu andan membutuhkannya.

2. Melakukan Olah Raga Tanpa Latihan Beban

Hal ini biasanya terjadi pada para wanita. Tidak sedikit dari para perempuan yang menganggap bahwa latihan angkat beban lebih dibutuhkan oleh para laki-laki demi membangun otot yang besar. ‘’Anggapan ini bekerjsama tidak benar. Fungsi latihan beban ternyata bukan hanya untuk membentuk otot,’’ tegas Martica Haner, Ph.D.,M.A.,M.Ed., instruktur kebugaran dari Manhattan. Ternyata latihan angkat beban penting untuk membantu pembakaran kalori dan untuk menjaga kepadatan mineral tulang. Terdapat sebuah studi ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal Circulation yang menyebutkan bahwa latihan beban juta sanggup meningkatkan ketahanan tubuh dan juga kelentuan gerak pada pasien yang mempunyai riwayat pennyakit jantung.

Cobalah memadukan beraneka ragam jenis latihan, baik itu kardio, beban ataupun kelenturan untuk memperolah hasil sehat yang paling optimal. Menurut Heaner, kita bekerjsama sanggup memperabukan kalori lebih banyak lagi bila menggabungkan latihan kardio dan angkat beban.

3. Menyukai Sayuran Namun Buatan Resto Yang Cepat Saji

Tidak perlu dijabarkan lebih lanjut lagi apakah manfaat dari sayuran untuk kesehatan tubuh manusia. Kini yang perlu ditekankan yaitu kandungan gizi dan antioksidan sayuran segar yang lebih melimpah bilan dibandingkan dengan masakan yang dimasak. Kalau anda menyukai memakan salad, itu sangat baik sekali. Namun, makannya hanyalah dikala anda ke resto cepat saji saja? Maka itu bukanlah pandangan gres yang baik lho. Pertama-tama, anda dianjurkan memakan sayuran setiap hari, baik itu dirumah ataupun di luar rumah. Yang kedua, porsi salad di restoran kadangkalah tidak cukup banyak untuk sanggup memenuhi kebutuhan serat harian anda.

Yang ketiga, kita tidak tahu berapakah lamanya sayuran itu telah disimpan sebelum sayuran tersebut disajikan. Potongan sayuran dan buah yang disimpan lebih dari 24 jam di daerah yang berpendingin, akan kandungan vitaminnya akan berkurang dan demikian juga dengan mineralnya. Yang keempat, biasanya salad di luar rumah itu disajikan bersamaan dressing berkalori tinggi, menyerupai mayones ataupun keju. National Library of Medicine menyatakan bahwa salad sanggup dibilang sehat bila tidak ditambahi mayones ataupun saus tinggi gula atau tinggi kalori.

Mengapa anda tidak mencoba menciptakan salad sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang anda tahu dan terjamin kesegarannya? Padukanlah bermacam jenis sayuran berwarna gelap dan terperinci dan bukan hanya sayuran yang berwarna hijau saja. Sebagai pelengkap, taburilah aneka macam jenis kacang-kacangan untuk sumber proteinnya. Agar rasanya terasa kaya, anda sanggup menambahkan pecahan tahu sutra, salmon ataupun ayam panggang.

4. Yang Paling Penting Anda Sudah Minum Delapan Gelas Tiap Hari

Para dokter dimanapun niscaya akan menganjurkan pada kita untuk cukup dalam minum. Ini bertujuan biar tubuh tetap terhidrasi secara baik dan sanggup berfungsi secara normal. Kebutuhan akan cairan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan aktivitasnya. Pada dosis yang moderat, rata-rata kita dianjurkan meminum minimal delapan gelas setiap harinya. Yang dimaksudkan dengan minimal delapan gelas per harinya yaitu meminum air putih. Yang dimaksud disini bukanlah jus olahan yang sarat akan gulan, bukan juga sirup, ataupun minuman yang bersoda, kopi dan teh manis. Studi yang telah dilakukan oleh tim University Texas Health Science Center mengatakan bahwa, orang yang meminum soda tiap hari selama tujuh tahun, maka ia berpotensi 41 persen menjadi seorang yang obesitas ataupun kelebihan berat badan. Ini sanggup terjadi lantaran segala macam minuman yang berasa anggun mengandung kalori yang ekstra. Kalau kita meminumnya secara rutin, tentu saja akan besar lengan berkuasa pada bobot tubuh.

Biasakanlah untuk meminum satu gelas air putih saat: berdiri dari tidur, sebelum dan sesudah makan, dan dikala hendak pergi tidur pada malam hari. Boleh-boleh saja kita mengonsumsi minuman yang manis, asalkan jarang dan jangan anda jadikan sebagai kegemaran. Air putih itu tetap yang terbaik untuk menghidrasi tubuh anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masih Sering Sakit Dengan Pola Hidup Sudah Sehat? Cari tau Penyebabnya"

Post a Comment