Cara Menghemat Listrik dengan Tindakan Sederhana

Cara Menghemat Listrik dengan Tindakan Sederhana

Pada masa kini semua orang hidup membutuhkan listrik dan cara menghemat listrik. Menjalani hidup tanpa sumber energi ini pada masa kini akan sangat sulit. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk melakukan penghematan dalam penggunaan listrik karena saat ini memang hampir semua kegiatan berhubungan dengan sumber listrik. Pemakaian listrik yang boros bukan berarti pengguna listrik tersebut memang boros.

Beberapa cara yang sudah biasa dilakukan dalam menggunakan listrik memang cenderung mengakibatkan pemborosan. Pemborosan seperti ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak sengaja dilakukan karena memang pengguna listrik tidak mengetahui bahwa tindakannya mengakibatkan pemborosan. Melakukan beberapa tindakan berikut ini dapat menghasilkan efek signifikan dalam usaha penghematan listrik.

Cara Menghemat Listrik dengan Alat Listrik


Alat listrik perlu diperlakukan atau digunakan dengan tepat sehingga menghasilkan penghematan. Beberapa pilihan alat perlu dihindari sebagai cara menghemat listrik dan diganti dengan alat yang baik. Berikut jenis langkah yang bisa diambil untuk menghemat listrik yang dirangkum dari artikel.rumah123.com .

•    Saklar
Outlet listrik ini merupakan salah satu tempat pemborosan listrik yang paling utama. Semua orang sengaja tidak mencabut kabel yang terpasang pada saklar karena hal ini dianggap merepotkan. Bahaya korsleting yang mengakibatkan kebakaran selalu mengancam. Selain itu tagihan listrik menjadi besar karena kabel akan terus dialiri listrik tanpa tujuan yang jelas.

•    Lampu LED
Perbandingan antara penggunaan lampu LED dan lampu pijar sangat besar. Lampu yang biasanya harus dialiri listrik sebesar 40 watt dapat diganti dengan lampu LED 3 watt dengan efek terang yang sama. Mengganti semua lampu di rumah dengan LED akan memberikan dampak penghematan yang sangat besar. Tapi di sisi lain hal ini juga mengakibatkan pengeluaran yang sangat besar untuk cara menghemat listrik karena lampu LED sangat mahal.

•    Dispenser listrik
Dispenser yang memiliki kemampuan untuk memanaskan, menghangatkan atau mendinginkan air adalah salah satu alat listrik dengan pemakaian watt paling besar di dalam rumah. Jumlah listrik yang digunakan dalam pemakaian harian alat ini bahkan melebihi kulkas ataupun mesin cuci. Menghindari pemakain dispenser memang lebih bijak dan menggunakan kompor dan kulkas sebagai cara penyajian air selesai selera.

•    Barang elektronik hemat listrik
Selain dari lampu LED terdapat juga barang lain yang memiliki sistem hemat listrik. Misalnya AC yang menggunakan sistem inverter atau kulkas dengan watt kecil tapi memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Macam-macam teknologi seperti ini dapat digunakan dalam berbagai situasi untuk menghasilkan efek penghematan terbaik tanpa mengurangi keleluasaan dalam menggunakan teknologi.

Bentuk Lain dalam Cara Menghemat Listrik


•    Pilih rumah dengan sirkulasi udara terbaik
Cara menghemat listrik ini sebenarnya membutuhkan penjelasan yang cukup panjang. Sebuah rumah dengan ventilasi udara dan posisi jendela yang baik dapat mengurangi penggunaan kipas angin dan AC. Banyak rumah modern yang menggunakan sistem ini, tapi untuk menemukan tempat yang tepat tentu saja membutuhkan panduan khusus agar sirkulasi udara terbaik benar-benar bisa dicapai.

•    Memakai listrik prabayar
Listrik prabayar memiliki kapasitas terbatas. Untuk membeli dan menginput pulsa listrik akan membutuhkan lebih banyak usaha. Tidak ada orang yang hobi atau menyukai kegiatan ini sehingga agar tidak perlu sering membeli listrik mereka akan rela melakukan penghematan.

•    Menggunakan air mendidih pada saat memasak nasi
Memasak nasi dengan air mendidih membuat nasi menjadi lebih cepat matang. Tindakan ini dapat dikatakan sebagai langkah terbaik untuk memasak nasi dan cara menghemat listrik karena lama pemakaian penanak nasi yang dipersingkat oleh air mendidih membuat biaya pemakaian listrik menjadi sangat kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Listrik dengan Tindakan Sederhana"

Post a Comment