KTA atau KMG, Mana yang Pas untuk Membantu Pembiayaan Kredit Mobil?

 

 


Sebelum mengajukan kredit mobil, Anda wajib untuk menyediakan sejumlah dana yang akan digunakan sebagai pembayaran awal. Inilah yang terkadang menjadi penghambat ketika seseorang berencana untuk memanfaatkan promo DSF terbaru mobil Mitsubishi. Sebab setelah dihitung, dana yang dimiliki masih belum cukup untuk membayarnya.

Namun, hal tersebut sebenarnya bukan masalah karena Anda bisa memanfaatkan jenis kredit lain untuk pembiayaan pembayaran awal kredit mobil Anda. Jenis kredit yang bisa digunakan yaitu kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit multiguna (KMG).

Apa yang membedakan KTA dengan KMG? 

Seperti namanya, KTA merupakan jenis pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Artinya, nasabah bisa langsung mendapatkan pinjaman dana tanpa harus memberikan jaminan aset apa pun terlebih dahulu. Sebaliknya, KGM merupakan jenis pinjaman dana dengan jaminan aset seperti sertifikat tanah atau BPKB kendaaraan (Cermati.com). Inilah perbedaan dasar antara KTA dan KMG. Selain itu, berikut ini adalah perbedaan-perbedaan lain antara keduanya yang perlu Anda ketahui:

•    Tahap pengajuan

Mengingat Anda tak perlu menyertakan jaminan apa pun, proses KTA relatif lebih cepat. Bahkan, sekarang ini sudah ada lembaga keuangan yang menerima pengajuan KTA secara online. Hanya saja, cara ini membutuhkan beberapa hari kerja sampai pengajuan Anda disetujui dan dana dicairkan. Sementara untuk KMG, prosesnya cenderung lebih lama. Pasalnya, lembaga keuangan akan melakukan survei atau pemeriksaan dulu terhadap aset yang Anda jadikan jaminan. Kalau Anda ingin lembaga keuangan segera menerima permohonan KGM, pastikan aset yang Anda ajukan memenuhi kriteria mereka.

•    Syarat dan jangka waktu pinjaman 

Syarat umum untuk mengajukan KTA biasanya tidak terlalu banyak. Sebab, jenis pinjaman ini hanya butuh dokumen identitas diri dan slip gaji. Namun konsekuensinya adalah tenor atau waktu pinjaman yang singkat pula. Umumnya, KTA hanya memberikan tenor maksimal 5 tahun. Di sisi lain, KMG memang akan memakan waktu lebih panjang. Sebab, aset ajuan Anda perlu disurvei terlebih dulu. Selain itu, jumlah dokumen yang harus Anda penuhi juga lebih banyak dibandingkan KTA. Meski begitu, jangka waktu atau tenor pinjaman yang bisa Anda peroleh dapatmencapai 25 tahun.

 •    Limit atau batasan pinjaman

Selain jangka waktu pinjaman yang singkat, KTA juga membatasi limit pinjaman yang bisa Anda peroleh. Rata-rata nominal KTA berkisar jutaan hingga Rp100 juta rupiah. Hal ini disebabkan tak ada agunan yang dapat digunakan untuk menutupi pinjaman. Lain halnya dengan KMG, jenis pinjaman ini bisa memberikan Anda limit hingga milyaran rupiah, bergantung pada besaran nilai aset yang Anda jaminkan.

•    Besaran bunga pinjaman

Ketika mengambil KTA, Anda berarti harus siap juga menanggung bunga pinjamannya yang cukup besar. Pasalnya KTA mengenakan bunga bersifat flat yang besarannya bisa mencapai 1,8% per bulan. Sementara itu, KMG memberikan rata-rata besaran bunga hanya 1% atau bahkan di bawahnya. Bunga kecil ini pula yang membuat KMG direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan pinjaman dana besar. 

Jenis kredit mana yang pas untuk membeli mobil? 

Jika tujuan Anda adalah untuk menutupi kekurangan dana yang akan digunakan sebagai pembayaran awal, maka KTA bisa menjadi pilihan tepat. Sebab nominal pinjaman bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan selama tidak melebihi limit pinjaman yang diberikan lembaga pembiayaan. Selain itu, proses pengajuannya juga lebih sederhana dan cepat.

Namun, jika Anda membutuhkan dana yang besar untuk pembiayaan kendaraan, maka KMG menjadi pilihan tepat. Sebab limit pinjamannya jauh lebih tinggi dibanding KTA sehingga bisa memenuhi kebutuhan Anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KTA atau KMG, Mana yang Pas untuk Membantu Pembiayaan Kredit Mobil?"

Post a Comment