Fakta Asuransi Kesehatan Pribadi yang Wajib Anda Ketahui


Memiliki asuransi kesehatan dari kantor tempat Anda bekerja, bukan berarti Anda tidak lagi membutuhkan asuransi kesehatan yang dibeli sendiri atau asuransi kesehatan pribadi. Sebab dengan adanya asuransi tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat perlindungan secara maksimal baik untuk Anda sendiri maupun keluarga. 

Apa Saja Karakteristik Asuransi Kesehatan Pribadi?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli polis asuransi kesehatan pribadi, ada baiknya memahami beberapa karakteristik utamanya berikut ini:


  1. Manfaat rawat inap menjadi jaminan utama.

Pada dasarnya, asuransi pribadi menawarkan manfaat rawat inap atau in-patient treatment sebagai jaminan utama. Namun, jaminan ini tetap menawarkan nilai manfaat yang cukup lengkap, termasuk seluruh biaya rawat inap, biaya ruangan, biaya kunjungan dokter, tindakan operasi atau bedah, obat-obatan, pengobatan lanjutan pasca rawat inap, dan lainnya.

Tak hanya itu, saat ini pun ada berbagai pilihan produk asuransi kesehatan  pribadi yang juga memiliki manfaat tambahan lainnya. Misalnya pertanggungan rawat jalan, proteksi penyakit kritis, perawatan gigi, hingga manfaat melahirkan.

2.                   Premi asuransi proporsional.

Besar nominal premi yang perlu dibayar pemegang polis pun terbilang ekonomis atau ramah di kantong.Pasalnya, premi yang dibayar ditentukan berdasarkan besar manfaat yang akan diterima pemegang polis. Jumlahnya dapat bertambah apabila ada tambahan manfaat kesehatan atau tambahan jumlah tertanggung, berdasarkan kebutuhan Anda masing-masing.

Namun sama seperti asuransi lainnya, besar nominal premi asuransi ini juga ditentukan oleh usia, riwayat kesehatan, dan kebiasaan atau gaya hidup Anda. Berbagai hal yang dianggap dapat memengaruhi risiko klaim Anda, biasanya akan menjadi salah satu faktor penentu besar nominal premi.

3.                   Kelengkapan proses underwriting.

Proses underwriting pada asuransi kesehatan perorangan tidak hanya untuk formalitas. Pasalnya, underwriting dilakukan guna memperoleh informasi lengkap terkait kondisi kesehatan Anda dan/atau anggota keluarga lain sebagai calon tertanggung. Proses ini dilakukan dengan mengisi formulir dan memenuhi syarat tes kesehatan menyeluruh, yang hasilnya akan dievaluasi.

Semua data yang Anda isi dalam formulir wajib dijawab secara jujur tanpa adanya satu saja hal yang tidak benar. Sebab, hal sekecil apapun dapat menjadi masalah ke depannya pada saat Anda melakukan klaim. Dampaknya adalah klaim Anda ditolak dan asuransi diputus secara sepihak karena adanya fraud atau ketidakjujuran pengisian data.

4.                   Fleksibilitas masa pertanggungan.

Berapa lama Anda ingin terlindungi oleh asuransi kesehatan pun dapat Anda tentukan sendiri dalam asuransi kesehatan perorangan. Mau itu hanya setahun, selama 5 tahun, 10 tahun, sampai Anda pensiun, atau seumur hidup, Anda bebas tentukan sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan asuransi kesehatan berkellompok yang Anda dapatkan dari kantor. Sebab, masa berlaku asuransi tergantung pada kebijakan kantor tempat Anda bekerja dan Anda hanya mendapat perlindungan selama masih menjadi karyawan.

5.                   Bebas memilih tambahan perlindungan.

Salah satu daya tarik utama asuransi pribadi adalah karena Anda bisa dengan bebas memilih tambahan manfaat perlindungan asuransi di luar dari asuransi kesehatan standar. Anda bisa memilih manfaat apa saja yang Anda butuhkan untuk melindungi Anda dan keluarga.

Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin banyak manfaat asuransi yang Anda ingin, artinya premi asuransi akan semakin besar. Itulah sebabnya, bijaklah dalam memilih manfaat asuransi yang Anda ingin sesuai kebutuhan.

Memiliki asuransi kesehatan adalah bentuk kepedulian Anda bukan hanya kepada diri sendiri, tapi juga kepada keluarga – anak, pasangan, serta orang tua. Usia sama sekali bukan alasan mengapa Anda tidak menyegerakan diri untuk memiliki asuransi kesehatan. Justru, Anda lebih baik memiliki asuransi kesehatan mumpung masih muda, termasuk asuransi kesehatan perorangan.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Fakta Asuransi Kesehatan Pribadi yang Wajib Anda Ketahui "

Post a Comment