Jenis AC yang Cocok untuk Gedung Komersial



Seperti untuk rumah, pemilihan AC gedung pun didasari oleh beberapa faktor. Sebut saja biaya, luas ruangan, daya listrik bangunan, kapasitas AC, konsumsi energi listrik, sampai proses pemasangan sudah pasti jadi faktor pertimbangan pemilik gedung. Tak ayal, menentukan satu jenis produk pendingin udara untuk gedung komersial tidaklah mudah. Untuk itu, berikut adalah contoh jenis AC yang cocok untuk aplikasi gedung:

1.    AC Split Wall

Jenis AC ini umum dipasang pada gedung komersial seperti hotel. Sebab, AC split wall memiliki biaya yang terjangkau dan tepat diinstalasi pada ruang-ruang berukuran sedang hingga besar. Selain kedua hal ini, AC split wall juga unggul dalam hal mendinginkan suhu ruangan. Ya, walaupun tidak membutuhkan energi listrik yang banyak, pendingin ruangan ini mampu bekerja maksimal dengan durasi yang singkat.

2.    AC Cassette

AC cassette memiliki konsep distribusi udara 360 derajat. Artinya, udara dingin yang diembuskan AC ini dapat tersebar secara merata seluruh penjuru ruangan. Tak mengherankan bila AC ini selalu diletakkan di tengah ruangan, seperti di perkantoran gedung bertingkat tinggi ataupun restoran. Pendingin ruangan ini unggul dalam hal proses instalasi, pengendalian udara, serta efisiensi aliran udara. Beberapa produk AC cassete juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi jumlah orang dalam ruangan. AC Split Duct

Ac split duct umum dipasang pada gedung-gedung komersial yang tidak mempunyai pengaturan suhu sendiri di tiap sekat atau ruangannya. Sehingga, kontrol suhu AC split duct dalam satu gedung komersial (berapa pun jumlah lantainya) hanya ada satu alias terpusat. Dengan begitu, efisiensi energi listrik dapat tercapai. Material, instalasi pendingin udara, serta perawatan yang mudah menjadi kelebihan-kelebihan lain dari AC split duct. 

3.    AC VRV

AC VRV atau variable refrigerant volume merupakan tipe pendingin udara yang mengatur jumlah refrigerant atau komponen pendingin dalam sistem jalur pipa. Sistem ini membuat efisiensi daya listrik dan kemudahan pemasangan AC menjadi lebih mudah. Di samping itu, AC jenis ini juga terbukti tahan lama, hemat energi, mudah dirawat, dan hemat tempat. Itulah beberapa jenis AC yang cocok digunakan untuk gedung-gedung komersial. Semoga informasi di atas bermanfaat!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jenis AC yang Cocok untuk Gedung Komersial"

Post a Comment