5 Tanda Sehat Finansial, Sudahkah Anda Berada di Tahap Ini?


Salah satu tanda menyayangi keluarga dan diri Anda adalah dengan memiliki kesadaran akan finansial yang “sehat”. Jangan sampai meremehkan evaluasi finansial Anda yang akan membantu Anda meraih kestabilan keuangan di masa yang akan datang. Anda juga perlu berjaga-jaga dengan membeli asuransi unit link yang akan memberikan perlindungan sekaligus potensi mengembangkan dana untuk masa depan yang lebih cerah. 

Lantas, apakah Anda sudah sehat secara finansial? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Arus keuangan lancar

Jika Anda merasa “kok uang saya sudah habis, ya, padahal kemarin rasanya baru gajian?” Ini merupakan salah satu tanda jika Anda tengah berada dalam kondisi finansial yang tidak sehat. Pasalnya, orang-orang yang sehat dalam finansialnya akan memiliki arus kas yang lancar dan tidak akan kekurangan uang sekalipun gajian masih lama. Untuk mengantisipasinya, cobalah untuk menabung dan pastikan pengeluaran Anda tidak lebih besar dari pendapatan setiap bulannya. 

2. Dapat mengontrol utang dengan baik

Tanda kesehatan finansial selanjutnya adalah terkait dengan utang. Menurut beberapa sumber, utang yang tidak melebihi 30% dari pendapatan merupakan salah satu tanda jika keuangan Anda berada dalam kondisi baik. Jika Anda berutang atau memiliki kredit lebih dari itu, artinya keuangan Anda belum sepenuhnya sehat. Ditambah jika Anda berutang untuk keperluan konsumtif, dibeli secara impulsif, dan bukan hal-hal produktif.

3. Ada dana darurat yang bisa dipakai untuk keperluan mendesak

Sesuai dengan namanya, dana darurat merupakan dana yang hanya digunakan ketika dalam keadaan darurat. Belum banyak orang memahami pentingnya menyiapkan dana darurat ini, padahal Anda tidak pernah tahu apa yang akan menimpa di masa mendatang. Bisa dikatakan, dana darurat adalah penyelamat Anda jika terjadi sesuatu pada Anda tanpa perlu kebingungan mencarinya.

4. Memproteksi diri dan keluarga dengan memiliki asuransi

Anda disarankan memiliki asuransi untuk diri sendiri dan keluarga sebagai perlindungan. Salah satunya membeli asuransi kesehatan untuk setiap anggota keluarga. Mengingat saat ini biaya pengobatan tidaklah murah, maka apabila Anda dan keluarga sudah terproteksi dengan asuransi kesehatan tentunya dapat membantu Anda memenuhi biaya konsultasi dokter, menebus obat-obatan, dan hal lainnya.

5. Memiliki tujuan untuk masa depan

Menetapkan tujuan keuangan di masa depan menunjukkan bahwa Anda sudah di tahap sehat secara finansial. Karena secara tidak langsung Anda akan berusaha menghimpun dana secara tepat guna mencapai tujuan keuangan di masa depan. Ya, tujuan finansial bisa sangat luas. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan dana pendidikan anak-anak jika Anda sudah memiliki anak. Bahkan, bisa juga digunakan untuk mempersiapkan liburan keluarga di perayaan-perayaan tertentu.

Bagaimana, sudah sehatkah finansial yang Anda miliki?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Tanda Sehat Finansial, Sudahkah Anda Berada di Tahap Ini?"

Post a Comment